Sabtu, 29 Januari 2011

Cara Mencegah dan Mengatasi Virus yang Menyerang Facebook Kita

Akhit-akhir ini sedang marak di pemberitaan tentang muncul nya virus Facebook.
Virus ini memanfaatkan popularitas Facebook untuk menyerang target korbannya.
Sebenar nya bila di Facebook anda tidak sembarang mengklik file, video atau link mencurigakan, maka kemungkinan terkena virus ini pun semakin kecil.
Berikut dibawah ini contoh Video yang berisi virus mematikan itu.

Perhatikan gambar Video dibawah ini.

Gambar diatas adalah tautan
dinding video bervirus yang disebarkan pada hari Sabtu (15/5) yang sekilas terlihat seperti file video.
Saran saya bila anda melihat gambar film atau video apapun yang tidak jelas asal usul nya seperti gambar diatas, maka jangan di klik. Karena Link atau tautan dari Film atau video ini berisi malware dan bila anda klik maka secara otomatis tanpa ampun virus akan melakukan instalasi secara otomatis saat kita mengklik tautan tersebut dan langsung menginfeksi Facebook kita.

Motif cara yang digunakan mirip dengan di Yahoo Messenger. Di Yahoo Messenger cara yang digunakan juga sama dengan memberikan link dan file bervirus dan apabila di klik otomatis akun Yahoo Messenger kita terinfeksi virus.
mmm...sunguh luar biasa si Cracker ini, sampai saat ini para Hacker Facebook belum bisa menutup kelemahan system untuk mennoaktipkan virus ini.

Menurut Alfons Tanujaya, Senior Vaksinis dari Vaksin.com, jika kita sudah terlanjur terinfeksi, masih ada cara untuk menanganinya, yaitu dengan melakukan uninstall aplikasi tadi.
Berikut langkahnya:
  1. Login pada akun Facebook.
  2. Pada bagian kanan atas layar klik [Account] lalu pilih [Application Settings]. Anda akan mendapatkan layar “Application Settings – Recently Used”.
  3. Arahkan mouse anda pada tanda silang [X] di aplikasi yang bernama “Winamp”.
  4. Klik tombol "Remove" pada jendela konfirmasi yang muncul.
  5. Refresh browser, dan pastikan aplikasi "Winamp" sudah lenyap.

Selain Virus diatas juga terdapat virus Koobface. Koobface adalah sejenis trojan yang disebarkan untuk menyerang pengguna Facebook dan juga beberapa jejaring social networking lainnya seperti Friendster, My Yearbook dan Bebo.

Agar anda tidak terkena virus ini, berikut langkah antisipasi yang harus anda lakukan untuk menghindari virus ini:
1. Jangan mengklik Link dan file yang mencurigakan, jangan download plugin atau sofware dan menginstalnya, bila itu bukan resmi dari Facebook.
Bila anda tidak tahu itu apa, maka jangan di klik dan biarkan saja, itu jauh lebih baik ketimbang anda mengambil resiko.

2. Jangan sembarangan mengklik email dari Facebook. Karena semua email notifikasi dari Facebook yang dikirimkan ke email anda belum tentu semua murni dari Facebook, karena bisa juga terdapat email palsu.
Virus Koobface ini system kerja nya dengan memanfaatkan email notifikasi yang mirip dengan email notifikasi dari facebook.
Contoh salah satu email nya adalah seperti email permintaan pertemanan yang meminta anda untuk mengklik nya.
Sehingga apabila anda membuka email tersebut dan mengklik link dalam email tersebut, maka komputer anda sedang dalam tahap terinfeksi worm ini. Ini dikarenakan link tadi mengarahkan anda ke worm yang menyarankan Anda untuk mengupdate Flash, yang sebenar nya itu adalah virus dan bila bila anda instal, maka sudah dipastikan komputer anda terinfeksi virus.

3. Bila anda mengklik suatu link, dan link tersebut mengarahkan anda kepada suatu situs yang berisi spam seperti avert_blog_koobface atau apapun itu jenis nya dan mencurigakan, maka jangan anda lanjutkan untuk mengeklik nya dan langsung close saja situs tersebut. Akan tetapi bila saat anda close situs tersebut, tetapi selalu muncul spam (pesan sampah) sehingga anda tidak bisa keluar dari situs tersebut, maka anda tinggal klik CTRL + ALT + DELETE secara bersamaan dari keyboard anda, pada pesan yang muncul lalu klik browser yang anda gunakan (Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera, Safari, dll) dan klik End Task, bila ada permintaan untuk simpan sebelum keluar pilih saja keluar dan jangan simpan. maka browser anda akan tertutup. Setelah itu anda buka kembali browser anda dan bila ada pesan yang muncul yang inti nya ingin membuka situs yang tadi telah anda buka, pilih saja tidak dan mulai dengan jendela browser yang baru.

4. Bila komputer anda telah terjangkit virus Facebook ini, anda bisa kunjungi situs resmi facebook di www.facebook.com/security dan kirimkan pertanyaan seputar virus ini untuk mendapatkan solusi nya.

Cukup sekian dulu Tips Facebook kali ini. Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam mencegah merebak nya Virus Facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar